Konsultan IT Security Roadmap

IT Security Roadmap adalah dokumen yang menginformasikan filosofi, strategi, tujuan, program, dan pengelolaan proses keamanan informasi di suatu organisasi/perusahaan. Umumnya digunakan sebagai pedoman  pengembangan dan arah organisasi pada bidang keamanan informasi dengan metode yang konsisten sesuai dengan rencana bisnis perusahaan. Dokumen ini memberikan garis besar yang rinci mengenai keamanan informasi khususnya terkait risiko dan mitigasinya sehingga organisasi/perusahan dapat tetap meraih visi dan misinya secara aman.

Keamanan Berbasis TI

Keamanan saat ini telah mengalami perubahan dari penggunaan kamera CCTV  dan kontrol akses pada setiap pintu masuk menuju area yang diamankan menjadi suatu kebutuhan terhadap model dan program yang mencakup kriteria pengembangan, desain, dan implementasi keamanan informasi yang keseluruhannya secara terpadu dalam suatu sistem dan teknologi informasi. Dengan demikian pengamanan informasi menjadi sesuatu yang harus direncanakan mulai dari filosofinya, risiko, mitigasi, hingga desain teknologi keamanan informasi yang akan digunakan sehingga dapat menjaga keamanan organisasi dalam meraih visi dan misinya.

Penyusunan IT Security Roadmap

PT. NetSolution membantu Anda dalam mengembangkan dan menyusun IT Security Roadmap sebagai suatu rencana induk keamanan informasi yang mengintegrasikan kebijakan, prosedur, sistem/teknologi, dan SDM organisasi. Dimana sumberdaya seperti proses, teknologi, dan SDM dikelola secara optimal untuk mewujudkan keamanan informasi. Kami bekerjasama dengan Anda dalam perencanaan sekaligus memandu penyusunan arsitektur kontekstual, arsitektur konseptual, arsitektur sistem informasi, arsitektur teknologi, services keamanan informasi yang diperlukan, hingga pada spesifikasi teknis teknologi keamanan informasi yang digunakan, budget, hingga roadmapnya.

Standar & Framework

Dalam penyusunan IT Security Roadmap, kami menggunakan beberapa metode pendekatan melalui penggunaan standar dan framework, antara lain:

  1. TOGAF. TOGAF adalah framework untuk membantu proses penyusunan IT Strategic Plan atau IT Master Plan.
  2. SABSA. SABSA merupakan framework yang digunakan untuk menyusun enterprise security architecture.
  3. ISO27001:2013. Standar ini merupakan standar untuk sistem manajemen keamanan informasi (SMKI).
  4. CIS Controls. Framework ini merupakan framework SMKI yang fokus langsung pada kontrol teknis keamanan informasi.

Kontak PT. NetSolution

PT. NetSolution telah ​​berpengalaman dalam mendesain dan merancang dokumen IT Security Roadmap untuk berbagai organisasi khususnya organisasi bisnis yang bergerak di industri keuangan seperti: financial technology, perbankan, informasi kredit, perbankan, dan sebagainya.