Tata Kelola IT Berbasis COBIT

 

skema it governance

Tata kelola Teknologi Informasi atau IT Governance merupakan bagian dari implementasi Good Corporate GovernanceTujuannya adalah untuk memberikan suatu dasar terstruktur yang mengaitkan dan menyelaraskan proses-proses TI, sumberdaya TI, serta informasi yang dibutuhkan perusahaan dalam mengimplementasikan strateginya dalam meraih target yang dicanangkan.

Tata kelola TI mengintegrasikan serta mengoptimalisasikan metode untuk merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan akuisisi dan implementasi, delivery dan support, serta monitoring dan evaluasi kinerja TI. Hal penting untuk diketahui bersama bahwa Tata Kelola TI adalah bagian tak terpisahkan dari suskes pelaksanaan tata kelola perusahaan dengan cara memastikan adanya peningkatan yang terukur terhadap efisiensi dan efektivitas proses-proses bisnis perusahaan.

Layanan yang kami sediakan terkait dengan Tata Kelola Teknologi Informasi adalah sebagai berikut :

  1. Jasa Konsultasi untuk Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi.
  2. Training Tata Kelola Teknologi Informasi berbasis COBIT.
  3. Audit Tata Kelola Teknologi Informasi.

Tata Kelola IT dengan Framework COBIT

Proses penyusunan Tata Kelola Teknologi Informasi akan menggunakan framework Tata Kelola TI COBIT versi 5. Proses penyusunan akan di mulai dengan proses Asesmen Tata Kelola TI  hasil asesmen akan dijadikan dasar dalam penyusunan Tata Kelola TI.

COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) adalah suatu audit sistem informasi dan dasar pengendalian dan implementasi teknologi informasi yang disusun dan disebarluaskan oleh ISACA (Information Systems Audit and Control Association) dan ITGI (IT Governance Institute). Pada dasarnya kerangka COBITmerupakan standar terhadap kendali-kendali yang umum berlaku di dunia teknologi informasi dimana kerangka kerja ini dapat diterima dan diterapkan secara global.

Manfaat mengimplementasikan Tata Kelola TI

  • Meningkatkan koordinasi dan rencana layanan TI dengan bisnis atau organisasi
  • Sebagai rujukan kualitas penyelenggaraan TI
  • Memudahkan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan TI
  • Sebagai panduan sesuai best practices dalam penyelenggaraan TI
  • Mengoptimalkan pencapaian value dari penyelenggaraan TI untuk internal manajemen dan pelayanan publik atau masyarakat
  • Publik atau masyarakat akan mendapatkan kualitas layanan yang lebih baik
  • Sebagai fungsi social control yang transparan dengan kriteria yang jelas dalam penyelenggaraan TI

Siapa saja yang membutuhkan?

Untuk Perusahaan atau Instansi Pemerintah yang akan memperbaiki kinerja dan business value dari Teknologi Informasi sehingga dapat menerapkan prinsip Good Corporate Governance dalam pengelolaan manajemen dan bisnisnya.

Pengantar Tata Kelola IT

Tata kelola TI memberikan suatu dasar struktur yang mengaitkan dan menyelaraskan proses-proses TI, sumberdaya TI, serta informasi yang dibutuhkan organisasi dalam mengimplementasikan strateginya untuk meraih target-target yang telah dicanangkan. Hal yang penting untuk diketahui bersama bahwa Tata Kelola TI adalah bagian tak terpisahkan dari sukses pelaksanaan Tata Kelola Organisasi. Caranya dengan memastikan adanya peningkatan yang terukur terhadap efisiensi dan efektivitas proses-proses bisnis organisasi.

Pada tataran implementasi Tata Kelola TI dapat diartikan sebagai proses pengendalian dan peningkatan kinerja yang dilakukan secara terus-menerus terhadap penerapan TI di organisasi. Tata Kelola TI diawali dengan penentuan tujuan atau sasaran TI perusahaan. Dimana tujuan tersebut memberikan arah dari aktifitas-aktifitas TI yang dilakukan. Dengan demikian kinerjanya dapat diukur dan dibandingkan. Hasil yang dicapai dibandingkan dengan hasil yang telah dicapai sebelumnya. Kemudian dibuatkan penyesuaiannya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

cobit5-2-700x335

Pengertian Tata Kelola TI

Ada banyak pengertian mengenai Tata Kelola TI (IT Governance) salah satu yang populer dan sering dijadikan acuan di komunitas TI adalah sebagaimana yang dinyatakan oleh IT Goverment Insitute (2003) adalah sebagai berikut ini :

“IT Governance is the resposibility of the board of directors and executive management. IT is an integral part of enterprise governance adn consists of the leadership and organizational structures anda processes that ensure that the organization’s IT sustains and extends the orgazation’s strategises and objectives.”

Dari pemahaman terhadap pernyataan tersebut dijelaskan bahwa Tata Kelola TI merupakan tanggungjawab dari pimpinan puncak dan eksekutif managemen suatu organisasi atau perusahaan. Bahwa Tata Kelola TI merupakan bagian dari Tata Kelola Orgaisasi yang terdiri dari kepemimpinan, struktur organisasi, dan proses demi memastikan keberlanjutan organisasi TI dan pengembangan strategi dan tujuan organisasi.

Tujuan Tata Kelola TI

Tujuan penerapan Tata Kelola TI dapat dibedakan berdasarkan tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Dalam jangka pendek Tata Kelola TI dapat digunakan untuk menekan biaya operasional TI dengan cara mengoptimalkan operasi-operasi yang ada di dalamnya. Sedangkan dalam jangka panjang penerapan Tata Kelola TI membantu perusahaan untuk tetap fokus terhadap nilai strategis TI dan memastikan penerapan TI tetap mendukung pencapaian tujuan dan sasaran organisasi.

Khusus bagi perusahaan BUMN, tujuan implementasi Tata Kelola TI salah satunya adalah untuk memenuhi ketentuan dari Peraturan Mentri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia, No. Per-02/MBU/2013 Tentang Panduan Penyusunan Tata Kelola Teknologi Informasi. Di mana setiap perusahaan BUMN wajib menerapkan Prinsip Tata Kelola TI di lingkungan perusahaannya sebagai salah satu bentuk implementasi Corporate Good Governance.

Benefit Menggunakan Framework COBIT 5

Bagi organisasi yang menerapkan Prinsip Tata Kelola TI dengan framework COBIT 5 maka secara umum telah melaksanakan hampir semua aspek prosedur dan aktivitas dari berbagai model standarisasi atau framework yang telah dikenal mapan dan diterima oleh komunitas Teknologi Informasi. Dengan demikian saat proses pengajuan sertifikasi untuk standarisasi tersebut akan jauh lebih mudah di raih. Karena keseluruhan proses dan aktivitasnya telah dilaksanakan atau di cover oleh semua proses yang dijalankan dalam kegiatan Tata Kelola TI.

cobit5-1

Kontak Kami :

Email : sales@netsolution.co.id. Telp. : 021-47884169.

+++++++

Pariwara : 

Training Komputer, Kursus Komputer, Informasi Training , Jadwal Training , Berita Teknologi Informasi , Solusi Datacenter , Training Cisco Academy.