Sub-Pekerjaan Komunikasi Data & Core Network Proyek VMS Jasa Marga

jasamarga

Proyek besar yang pertama kali dikerjakan oleh PT. NetSolution adalah saat menjadi sub-kontraktor untuk pekerjaan komunikasi data dan core network pada proyek VMS (Varriable Message Signs) di sepanjang jalan tol milik Jasa Marga pada tahun 2009 – 2010.

VMS sendiri adalah papan informasi jalan tol yang menggunakan lampu LED yang pesannya di isi dengan informasi lalu lintas yang penting diketahui oleh pengendara mobil di jalan tol. Pesan informasi lalu lintas di isi oleh petugas operator di datacenter kantor cabang Jasa Marga setelah mendapatkan informasi dari petugas di lapangan.

Apa saja yang kami laksanakan dalam pekerjaan proyek VMS ini?

  • Penarikan dan penyambungan kabel FO yang menghubungkan kantor cabang dengan gate atau pintu tol terdekat.
  • Penarikan dan terminasi kabel UTP di ruangan server yang berada di kantor-kantor cabang Jasa Marga sepanjang jalan tol.
  • Implementasi jaringan Wireless Backhaul yang menghubungkan lokasi VMS dengan pintu tol atau kantor cabang terdekat.
  • Implementasi core network (switching dan routing) dengan perangkat Cisco yang di letakkan di ruangan server yang ada di masing-masing kantor cabang.

Jaringan wireless backhaul yang kami implementasikan membentang dari Kamal Cengkareng Jakarta Barat hingga ke Cikampek. Alhamdulillah telah sukses kami implementasikan dan berfungsi dengan baik sesuai spesifikasi teknis yang ditentukan oleh owner proyek.

Proyek VMS ini sendiri proyek implementasi pertama VMS di jalan tol milik Jasa Marga dan menjadi model percontohan bagi kelengkapan informasi lalu lintas di sepanjang jalan raya atau jalan tol di Indonesia.

Pariwara : 

Training Komputer Jakarta, Kursus Komputer, Informasi Training dan Kursus, Portal Info Teknologi Informasi, Informasi Kursus dan Training Indonesia, Training Jaringan Komputer.