Solusi Ekonomis Unified Threat Management (UTM)

Solusi UTM Ekonomis

Perangkat Unified Threat Management (UTM) atau manajemen ancaman terpadu, atau disebut sebagai perangkat  keamanan UTM, dapat memberikan solusi keamanan yang komprehensif dan mudah dikelola untuk organisasi kecil dan menengah dengan biaya yang masuk akal.

Selama ini, implementasi keamanan TI dibangun dari beberapa sistem atau produk yang berbeda, bahkan seringkali dari vendor yang berbeda pula. Solusi yang beraneka ragam ini kemudian bekerja secara independen satu sama lainnya untuk memenuhi fungsi keamanan yang berbeda-beda yang diperlukan oleh suatu organisasi. Di mana dalam bangunan sistem keamanan tsb termasuk : perangkat firewall, pemindai anti-malware, dan deteksi intrusi jaringan dan sistem pencegahannya.

Solusi tersebut dapat memberikan perlindungan keamanan yang lebih baik tetapi tantangannya adalah dari sisi manajemen pelaksanaannya. Implementasi dan integrasinya yang terlalu besar dan kompleks menjadi sangat sulit untuk staff TI yang tak terlatih khususnya dari perusahaan bisnis UKM. Nah, solusi UTM dapat menyelesaikan semua masalah itu dan memberikan keamanan komprehensif yang lebih mudah dikelola dan lebih murah. Ini mungkin bukan solusi yang terbaik, tapi cukup bagus tidak hanya untuk UKM tapi juga Enterprise.

UTM4

Apa itu UTM Appliance?

UTM Appliances adalah perangkat hardware yang digunakan untuk membangun perimeter keamanan terhadap jaringan komputer suatu organisasi atau perusahaan. Berfungsi sebagai gateway atau pintu masuk ke dalam jaringan komputer perusahaan, menyediakan semua layanan keamanan yang dibutuhkan untuk melindungi jaringan dari malware, virus, intrusi dari pihak tidak bertanggungjawab, dan risiko keamanan lainnya.

Fitur Keamanan UTM

Pada dasarnya perangkat UTM adalah perangkat firewall yang berfungsi untuk membatasi akses ke dalam sistem jaringan komputer. Fungsi keamanan lainnya bersifat optional yang bisa digunakan bila diperlukan. Secara umum fungsi keamanan yang ditawarkan oleh UTM ada 3 yang utama, sebagai berikut :

  • Akses remote dan site-to-site dengan VPN.
  • Secure web gateway (anti malware dan URL content filter.
  • Intrusion prevention system dan blocking terhadap serangan yang berusaha menyerang PC dan server.

Beberapa UTM lainnya memiliki fitur tambahan yang sifatnya opsional dan membedakannya dengan produk UTM lainnya sebagai suatu keunggulan produk, adalah sebagai berikut :

  • Kontrol applikasi.
  • Web application firewalling.
  • bandwitdh management.
  • data loss prevention.
  • identity based access control
  • load balancing
  • DDoS protection
  • Wireless access management
  • email security.

Tapi umumnya fitur opsional ini tidak terlalu diperlukan di beberapa organisasi atau perusahaan. Jika perusahaan Anda perusahaan kecil atau UKM kemungkinan besar Anda nggak butuh fitur load balancing atau web application firewalling. Lagi pula untuk perusahaan kecil email lebih sering menggunakan berbasis layanan cloud seperti gmail atau online exchange.

utm2

Benefit UTM

Berikut ini benefit dari menggunakan produk UTM :

  1. Sedikit sumberdaya yang dibutuhkan. Menjalankan UTM hanya membutuhkan sedikit staff TI dan itu sebatas hanya melakukan maintenance, update, upgrade, dan monitoring saja. Log keamanan juga selalu tersedia untuk di cek dan dianalisis.
  2. Ruang lingkup keamanan yang lebih baik. UTM seharusnya tidak menyisakan lubang keamanan karena seluruh komponennya di desain untuk bekerja secara bersama-sama.
  3. Skalabilitas. Perangkat UTM adalah perangkat single, gampang di ganti dengan box yang lebih besar bila perusahaan bertumbuh.
  4. Garansi kompabitilitas. UTM adalah perangkat keamanan terpadu. Seluruh upgrade atau update sudah pasti telah di test sebelumnya untuk memastikan bahwa semuanya tetap akan berjalan dengan baik. Seluruh komponennya pasti dijamin akan berfungsi secara bersamaan.
  5. Manajemen dan konfigurasi komponen keamanan secara tersentral. UTM memberikan interface untuk manajemen dan konfigurasi, yang sangat menghemat waktu dan mengurangi waktu training staff IT. Manajemen terpusat memastikan semua fungsi memiliki kesamaan policy dan mengurangi adanya miskonfigurasi.
  6. Biaya yang lebih rendah. Sudah pasti UTM memberikan keunggulan dari sisi biaya. Dibandingkan mengimplementasikan sistem keamanan terpisah yang membutuhkan banyak dana dan waktu.
  7. Keamanan cadangan. Bila yang dibangun adalah sistem keamanan berlapis dengan beragam teknologi, maka UTM bisa berfungsi hanya sebagai firewall saja. Tapi bila sistem keamanan tsb gagal, maka fungsinya bisa diambil alih oleh UTM untuk sementara sebagai stop-gap.

Layanan Apa yang Kami Sediakan?

PT. NetSolution memberikan layanan solusi UTM yang sesuai kebutuhan Anda. Baik dari sisi pertimbangan ukuran organisasi, jumlah karyawan, kompleksitas layanan IT, dan tentu di atas segalanya adalah budget yang Anda miliki. Kami memiliki layanan IT untuk solusi UTM dengan kualitas yang bagus dan ekonomis. Kontak kami : Abdulloh (08129632130) atau email : sales@netsolution.co.id atau Call Center : 021-47884169.