Solusi Mini Data Center

Solusi Mini Data Center

Pusat data atau yang lebih dikenal Data Center adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer (server) dan komponen-komponen pendukung yang terkait, seperti : sistem komunikasi data, sistem penyimpanan data, sistem elektrikal, dan lainnya. Pada data center dengan ukuran yang besar dan memiliki tier 3 atau 4 biasanya memiliki ratusan bahkan ribuan server yang digunakan untuk mendukung layanan cloud kepada pihak ketiga. Dimana pihak ketiga tsb dapat berlangganan infrastruktur cloud baik dalam bentuk platform atau aplikasi melalui jaringan komunikasi data (internet) yang terhubung ke data center tsb.

Namun demikian banyak organisasi yang membutuhkan keberadaan data center di lingkungan bisnisnya karena tuntutan kebijakan perusahaan atau karena faktor keamanan. Biasanya dalam ukuran kecil yang kerap disebut sebagai ruangan server yang sayangnya seringkali berupa ruangan kecil di sudut bangunan dengan rak server yang diberikan pendinginan seadanya saja. Bahkan kadang dijumpai hanya berupa rak server yang diletakkan di sudut gudang bersama barang yang tidak terpakai lainnya. Padahal di rak server tsb terletak komputer server yang menjalankan aplikasi bisnis perusahaan. Apabila downtime maka akan menimbulkan kerugian bisnis bagi perusahaan yang tidak sedikit bila dikonversi ke dalam bentuk biaya.

Oleh sebab itu, kami merancang suatu konsep mini data center yang merupakan pengembangan dari ruangan server konvensional. Di mana diterapkan prinsip-prinsip data center dalam skala yang lebih kecil dan ekonomis untuk menunjang proses TI suatu organisasi bisnis. Bila sebelumnya ruang server hanyalah rak besi dengan komputer server yang sekedar dikoneksikan ke jaringan maka solusi mini data center mempertimbangkan semua aspek data center ke dalam solusi mini data center, antara lain: penerapan konsep sirkulasi udara hot aisle – cold aisle, sistem backup kelistrikan, environment monitoring system, fire extinguiser, dsb.

Bagian Penting dari Mini Data Center

Konsep Pendinginan Hot Aisle – Cold Aisle pada Mini Data Center

Rancangan mini data center yang NetSolution desain selain mempertimbangkan aspek teknis pendukung data center, tapi yang lebih utama adalah pengedepanan terhadap aspek efisiensi dan efektivitas pengelolaan energi listrik. Karena data center mengkonsumsi energi yang terbilang sangat besar. Khususnya di sektor pendinginan perangkat jaringan dan server yang ada di dalam rak server. Oleh karenanya, penting kemampuan dalam menghemat daya listrik sebagai bagian dari upaya melakukan penghematan biaya operasional dan juga wujud kepedulian terhadap linkungan dengan mengurasi emisi karbon.

konsep hot aisle cold aisle

Konsep hot aisle containment dan atau cold aisle containment pada data center

Karena itu mini data center yang kami kembangkan menerapkan konsep host isle – cold isle yakni partisi antara bagian yang dingin dan panas yang bertujuan menciptakan sirkulasi udara dari udara dingin menuju ke udara yang panas sehingga panas yang dihasilkan perangkat diserap dan disalurkan keluar dari ruangan mini data center. Selama ini timbul pemahaman salah kaprah bahwa semakin dingin semakin bagus suatu data center, yang benar semakin sirkulasi udaranya mengalir dengan baik maka semakin bagus. Selain itu dalam rancangan mini data center ini, konsep yang lain yang diterapkan dalam hal pendinginan adalah fokus mendinginkan perangkat bukan mendinginkan ruangan sehingga proses pendinginan menjadi lebih efektif dan menghemat biaya.

Penerapan pendinginan mini data center yang kami lakukan pada akhirnya dapat menekan cost operasional dari sisi kelistrikan. Karena inilah cost terbesar dari operasional data center di negeri beriklim tropis. Akibatnya suka atau tidak suka, mau atau tidak mau pendinginan perangkat menjadi bagian vital operasional data center yang seringkali menelan biaya operasional yang tidak sedikit. Investasi pengadaan AC presisi juga relatif tinggi, namun demikian alternatif penggunaan sistem HVAC konvensional yang lebih terjangkau tetap dimungkinkan dengan selalu memonitor kelembaban ruangan data center. Kami dapat memprovide solusi pendingin memanfaatkan AC presisi ataupun AC konvensional.

 Backup Kelistrikan 

Kriteria mini data center yang kami rancang adalah data center tier II dimana disyaratkan adanya backup tenaga listrik berupa UPS dan Generator. Oleh karena itu, kami mempersiapkan sistem UPS untuk mini data center untuk mengcover backup daya listrik bila sewaktu-waktu suplai listrik utama PLN mati. Solusi UPS ini adalah solusi sementara. Untuk jangka waktu yang lama maka suplai listrik akan dialihkan ke genset sampai listrik PLN menyala kembali. Oleh karenanya kami mempersiapkan rancangan sistem Automatic Transfer Switch – Automatic Main Failure (ATS-AMF) yang memungkinkan backup otomatis ke Uniterupable Power Supply (UPS) dan genset.

panel ats amf

Perangkat sistem ATS dan AMF yang menjadi tulang punggung otomatisasi backup kelistrikan pada data center

Sistem power backup bukanlah hal yang simple, cukup kompleks dan biaya relatif mahal karena perannya yang vital dalam soal disaster recovery agar proses bisnis tetap berjalan saat pasokan listrik utama dari PLN tiba-tiba terhenti. Oleh karena itu, kami menggunakan perangkat UPS berkualitas dari brand ternama seperti : APC, ICA, dsb untuk mengatasi hal tsb. Kami gunakan UPS yang sifatnya rackmount sehingga bisa terpasang di rack server sehingga lebih kompak dan memudahkan proses maintenance.

rackmount ups11

Salah satu contoh rackmount UPS dari brand ternama yang digunakan dalam sistem backup kelistrikan perangkat jaringan dan server.

Namun demikian kami juga menyediakan alternatif solusi UPS standart berupa sistem backup kelistrikan yang mengandalkan power inverter, baterai, dan relay yang dapat membackup daya yang cukup besar sekaligus juga waktu suplai listrik yang lebih lama namun dengan harga yang lebih ekonomis. Mengapa demikian? Karena solusi ini bisa menggunakan baterai dengan daya yang lebih besar seperti baterai mobil atau truk dan karena tak ada timer seperti UPS maka sistem ini bisa memberikan waktu backup yang relatif lama. Bila seandainya tak ada backup listrik dari genset. Mengingat kondisi mati lampu di Jakarta dan sekitarnya tak lebih dari setengah jam rata-rata maka sistem ini bisa menjadi alternatif ekonomis backup kelistrikan.

panel backup listrik menggunakan inverter

Contoh alternatif penggunaan sistem power backup alternatif dengan menggunakan sistem backup listrik berbasis power inverter, accu, dan relay.

Environment Monitoring System (EMS)

Karena perangnya yang penting maka memastikan data center dalam kondisi up-time dan meminimalisasi terjadinya down time maka  monitoring terhadap kondisi lingkungan di seputar data center melalui pemantauan parameternya juga menjadi perhatian kami. Oleh karenanya kami menerapkan adanya sistem EMS sehingga staff IT bisa memantai kondisi seperti : temperatur, kelembaban, kebocoran air, getaran, aliran udara, gerakan, door contact, dsb. Di mana parameter tsb bisa dipantau oleh Tim Operasional melalui konsol monitoring atau dikirimkan notifikasi melalui handphone.

ems3

Sistem EMS untuk monitoring kondisi lingkungan data center agar selalu dalam kondisi yang terjaga dengan baik melalui pemantauan parameter lingkungan di sekitarnya.

Sistem Keamanan

Mini data center ini juga menerapkan konsep keamanan baik secara fisik ataupun keamanan di sisi jaringan komputer melalui penerapan UTM atau firewall. Keamanan fisik dengan menerapkan perangkat access door yang menyeleksi siapa saja yang dapat mengakses data center sekaligus merekam kedatangan dan kepergian orang tsb. Kemudian penerapan sistem kunci konvensional pada masing-masing rak sehingga secara fisik setidaknya ada dua lapisan keamanan yang harus ditembus.

security_access_panel

Sistem keamanan access door menjamin keamanan fisik ruangan dari akses user yang tidak memiliki otoritasi terhadap ruangan data center.

Sistem Pemadaman Kebakaran

Last but not least, adalah sistem pemadaman di mana kami menerapkan sistem pemadaman kebakaran portable yang diletakkan langsung di dalam rak-rak server. Apabila terjadi kebakaran maka secara otomatis akan memadamkan kebakaran yang terjadi di dalam rak server. Karena sifatnya yang portable dan free maintenance maka user tidak perlu repot-repot mengurusi permasalahan perawatan sistem pemadaman data center. Bandingkan bila menggunakan sistem pemadaman FM 200 misalnya yang selain memakan tempat yang besar dan juga maintenance berupa pergantian gas setiap tahunnya.

Server Rack Protection 1

Sistem pemadan kebakaran portable yang bisa dipasang langsung ke dalam rak server bilamana terjadi kebakaran di dalam rak server. Karena sifatnya yang free maintenance, sistem ini memudahkan proses operasionalisasi data center. Diganti hanya bila telah memadamkan kebakaran saja.

Informasi Lebih Lanjut

Informasi lebih lanjut mengenai jasa konsultasi dan implementasi solusi mini data center, silahkan kontak Tim Konsultan kami :

  • Alamat Email : sales@netsolution.co.id
  • Contact Person : Abdulloh (Telp/ WA : 08129632130)
  • Sales Office : Telp. 021-47884169

 

***