Audit Tata Kelola dan Penyusunan Master Plan TI

IT Master Plan

Berdasarkan Peraturan Menteri BUMN No. : PER-02/MBU/2013 Tentang Panduan Penyusunan Pengelolaan Teknologi Informasi Badan Usaha Milik Negara bahwa teknologi informasi sangat besar manfaatnya dalam pengembangan usaha suatu perusahaan, sehingga perlu dikembangkan secara terarah dan terukur di BUMN agar mendukung strategi bisnis BUMN sejalan dengan tujuan jangka panjang, menengah, dan jangka pendek yang ingin dicapai oleh BUMN.

Oleh karenya, pada tahun 2014 PT. NetSolution mendapatkan kepercayaan dari salah satu perusahaan BUMN di Indonesia yaitu PT. Semen Baturaja (Persero), Tbk.  untuk menyusun dokumen cetak biru teknologi informasi sebagai perwujudan dari pelaksanaan peraturan mentri BUMN tersebut, yang terdiri dari :

  • Tata Kelola TI, dimana pemanfaatan dan pengembangan teknologi informasi BUMN dilakukan berdasarkan pada tata kelola teknologi informasi.
  • Master Plan TI, sebagai cetak biru rencana pengembangan teknologi informasi.
  • Sinergi TI, memastikan bahwa proses bisnis perusahaan saling bersinergi dengan BUMN yang lain.

Penyusunan cetak biru merupakan salah satu implementasi Tata Kelola Perusahaan yang baik sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN Nomoer : PER-02/MBU/2013. Dalam penyusunan cetak biru TI bagi PT. Semen Baturaja (Persero), Tbk. sesuai dengan peraturan tersebut kami menggunakan :

  • Framework COBIT 4,1 untuk penyusunan Tata Kelola TI.
  • Framework TOGAF 9 untuk penyusunan Master Plan TI.
  • Khusus untuk Sinergi TI kami melakukan kajian terhadap kerjasama bisnis antara BUMN yang dapat difasilitasi oleh Teknologi Informasi.

Proyek penyusunan ini kami selesaikan dalam jangka waktu enam bulan terhitung sejak diterbitkannya SPK oleh PT. Semen Baturaja, Tbk.

Pariwara : Info Training dan Kursus, Informasi Kursus dan Training, Training Komputer, Training Komputer di Jakarta