Pembuatan Software Gasmeter Information System untuk PT. PGN

PGN6

Pada tahun 2014 PT. NetSolution mendapatkan kepercayaan dari PT. Perusahaan Gas Negara untuk mengembangkan aplikasi Gasmeter Information System untuk menunjang proses bisnis support dan maintenance bagi perangkat meter gas milik PGN yang digunakan oleh para pelanggannya di workshop PGN.

Aplikasi ini secara unik dikembangkan dengan menggunakan dua buah platform yaitu berbasis desktop untuk para operator lapangan dan berbasis web untuk dashboard bagi para decision makers. Dengan demikian operator workshop tentap bisa menginput data dengan info data yang lebih detil dan para pengambil keputusan tetap fokus pada KPI dari proses service dan maintenance tsb.

Solusi ini digunakan untuk mengatasi kendala koneksi internet di masing-masing workshop ke datacenter yang ada di kantor pusat. Dengan solusi ini operator di workshop tetap bisa bekerja walau koneksi internet terputus karena data tetap tersimpan di komputer lokal. Bila koneksi internet tersambung kembali maka secara otomatis aplikasi desktop di PC lokal milik operator akan melakukan sinkronisasi data ke server di datacenter sehingga data kembali menjadi update.

  • Aplikasi ini berbasis desktop untuk para operator dan teknisi di workshop dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemprograman Visual Basic. Sekaligus mengintegrasikannya dengan perangkat web kamera.
  • Aplikasi ini secara berkala melakukan sinkronisasi data dengan server database untuk yang berbasis web sehingga bisa menampilkan dashboard bagi para pengambil keputusan.
  • Data yang dikumpulan juga di integrasikan ke sistem ERP milik PGN yang menggunakan aplikasi Oracle.

Hingga saat ini sistem ini masih dipergunakan di workshop-workshop PGN dan mempermudah proses inventarisasi perangkat gas meter yang digunakan di seluruh Indonesia.

Pariwara : Training CNAP Jakarta, Training Comptia, CCNA Fast Track, Kursus Komputer, Training Komputer di Jakarta.