Jasa Konsultasi AMDAL

amdal
Saat ini dampak terhadap lingkungan dari aktivitas bisnis menjadi perhatian dan issu global utamanya terkait dengan kelestarian lingkungan. Oleh karena itu pemerintah mewajibkan aneka usaha dan bisnis untuk peduli terhadap lingkungan dengan menyertakan hasil Analisis Mengenai Dampak Linkungan sebagai bagian dari proses perizinan. Karena hal inilah dibutuhkan konsultan AMDAL agar pendirian usaha tersebut sesuai dengan policy dari pemerintahan.

Seandainya Anda berkehendak mendirikan usaha atau kegiatan bisnis yang membutuhkan persyaratan kelestarian lingkungan hidup dari pemerintah maka Anda wajib melakukan berbagai  prosedur AMDAL sebelum menjalankan roda usaha Anda. Prosedur tersebut dijalankan dengan melakukan kerjasama dengan konsultan AMDAL sehingga hasilnya bisa diketahui apakah layak usaha tersebut dijalankan bila dikaitkan dengan kelestarian lingkungan.

Lalu sebenarnya apa itu prosedur AMDAL? Prosedur AMDAL merupakan suatu cara yang dipakai dalam menganalisis dampak lingkungan terhadap aktivitas manusia. Adanya prosedur AMDAL pada perijinan perusahaan ini sangatlah penting, karena diperlukan supaya tak ada kerugian yang diderita oleh masyarakat sekitar perusahaan. Konsultan AMDAL ini mimiliki tugas untuk memberi gambaran analisis dampak lingkungan pada suatu proyek dan juga memberikan keterangan tenatang dampak aktivitas perusahaan yang sesuai dengan bidang yang terkait, sehingga perijinan perusahaan dapat diajukan.

Berikut ini beberapa dokumen AMDAL yang harus dilengkapi untuk perizinan usaha :

  1. Dokumen KA-ANDAL atau Kerangka Acaua Analisis Dampak Lingkungan Hidup
  2. Dokumen ANDAL atau Analisis Dampak Lingkungan Hidup
  3. Dokumen RKL atau Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup
  4. Dokumen RPL atau Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup

Peran konsultan dalam prosedur AMDAL ini sangatlah strategis dalam proses perijinan perusahaan. Selain melakukan analisis dampak lingkungan dari aktivitas perusahaan, konsultan AMDAL juga akan memberi berbagai solusi untuk penanganan dampak lingkungan yang mungkin akan ditimbulkan. Hal ini tentu sangatlah penting, karena menjadi bahan pertimbanagn yang utama.

Pihak yang terlibat dalam pengurusan AMDAL

Setidaknya ada 3 pihak yang terlibat dalam penyusunan AMDAL berikut ini pembagiannya :

  1. Komisi penilai AMDAL yaitu komisi yang berwenang dalam penilaian dokumen AMDAL. Kementria lingkungan hidup adalah pihak berwenang di tingkat pusat, Bapedalda atau Instansi pengelola lingkungan hidup kabupaten/kota akan berwenang di daerah tingkat UU, Instansi pemerintah yang masih berkaitan dan warga terdampak juga berwenang sebagai komisi penilai AMDAL.
  2. Pemrakarsa merupakan badan hukum atau perseorangan yang bertanggungjawab pada aktivitas usaha yang dijalankan.
  3. Masyarakat yang berkepentingan merupakan warga terdampak dari seluruh bentuk keputusan AMDAL.

Kontak Kami :

Kami PT. NetSolution menyedikana jasa layanan konsultasi AMDAL bagi Anda yang ingin menjalankan kegiatan usaha atau bisnis dan memerlukan izin kelayakan berdasarkan analisis dampak lingkungan. Informasi lebih jauh silahkan kontak kami di alamat email : sales@netsolution.co.id atau telp. kami di nomer 021-47884169.

++++++

Pariwara : Solusi managed services, Solusi Cabling, Jasa Kearsipan, Jasa Alih Media, Training Komputer, Sertifikasi IT.