Peranan System Integrator pada Industri TI

System Integrator Indonesia

System Integrator (SI) menurut technopedia adalah individu atau organisasi yang mengimplementasikan aplikasi teknologi informasi berskala enterprise dalam suatu organisasi. Biasanya system integrator terdiri dari beberapa profesional yang ahli dalam menerapkan siklus proses dari solusi TI yang kompleks. Implementasinya meliputi antara lain : software, hardware, network, dan beragam instalasi TI lainnya.

Sistem Integrator (SI) memainkan peranan penting dalam mengidentifikasi sumberdaya TI, menganalisis, mendesain sekaligus mengimplementasikan solusi TI yang komplek. Salah satu tugasnya adalah memastikan bahwa sistem yang terintegrasi tsb bisa bekerja sesuai dengan desain yang direncanakan. SI memetakan mana fungsi kunci  dan mana kebutuhan yang non-fungsional dalam konteks optimalisasi solusi TI agar dapat menjalan proses tertentu yang spesifik.

IT System Integrator di Indonesia

Ada banyak perusahaan SI di Indonesia, PT. NetSolution adalah salah satu sistem integrator yang telah cukup eksis dalam layanan solusi TI meliputi integrasi infrastruktur, hardware, dan software. Berdiri sejak tahun 2009, NetSolution telah mengerjakan beragam pekerjaan solusi untuk integrasi teknologi informasi. Informasi lebih jauh mengenai solusi teknologi informasi bisa berkontak kepada Tim Sales kami di alamat email : sales@netsolution.co.id atau Telp./WA : 08129632130 CP: Abdulloh.

PT. NetSolution memberikan layanan yang sifatnya end-to-end solution dari mulai desain, implementasi, service & maintenance, hingga sampai pelatihan dan sertifikasi SDM klien yang bersangkutan. Tak banyak perusahaan SI yang mampu mengcover cakupan pelayanan yang terintegrasi seperti PT. NetSolution. Dengan mendapatkan sertifikasi ISO9001:2015 pada tahun 2018 PT. NetSolution menjadi satu dari sedikit perusahaan sistem integrator di Indonesia yang memiliki sertifikasi manajemen mutu sebagai komitmen perusahaan dalam menjaga layanannya kepada customer.

Generalis Bidang Teknologi Informasi

Ada Sistem Integrator yang fokus pada area tertentu dari solusi TI misalnya hanya fokus pada media jaringan komputer seperti : solusi jaringan wireless atau solusi cabling FO/UTP. Tapi umumnya perusahaan SI saat ini menangani solusi IT dalam rentang yang sangat luas. Bukan hanya jaringan kabel data dan wireless, tapi juga solusi perangkat jaringan komputer (switching & routing), administrasi server, IP Telephony, Otomasi, dan sebagainya. Jadi perusahaan Sistem Integrator dituntut untuk memiliki kapabilitas untuk menangani area teknologi informasi yang luas ini. Oleh karenanya, partnership biasanya menjadi jalan keluar antar sesama perusahaan SI untuk persoalan resources dalam hal menangani solusi TI yang luas dan kompleks.

Terkait dengan partnership PT. NetSolution telah menjadi anggota APTIKNAS (Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi Nasional) di mana dalam asosiasi ini berkumpul para pengusaha di bidang TI di Indonesia dimana perusahaannya memiliki kepakaran di bidangnya masing-masing dalam solusi TI. Bersama mereka kami bekerjasama untuk dapat memberikan pelayanan terbaik dalam seluruh bidang layanan teknologi informasi kepada masyarakat Indonesia.

Apa yang dikerjakan System Integrator?

Beberapa proyek sistem integrasi yang populer biasanya melibatkan kebutuhan sebagai berikut :

  • Local and Wide Area Networks (LAN/WAN)
  • Security / Surveillance over Closed-Circuit Television (CCTV)
  • Indoor/Outdoor WiFi or Wireless Local Area Networks (WLAN)
  • Wireless Backhaul
  • Building to Building Connectivity
  • Voice over Internet Protocol (VoIP) Systems

Beberapa lainnya adalah solusi sebagai berikut :

  • Event / Temporary WiFi
  • Audio Visual (AV)
  • Internet Protocol Television (IPTV)
  • Two-Way Radio
  • Radio-Frequency Identification (RFID)
  • Smart Homes or Smart Offices
  • Internet of Things
  • dan sebagainya

Apapun teknologi dan aplikasinya, yang SI bertugas untuk membuat solusi teknologi tersebut terwujud. Selain solusi infrastruktur dan hardware seperti tsb diatas. SI juga kini telah merambah pada integrasi hardware dengan software hingga sampai pengembangan software yang dibutuhkan oleh klien untuk mencapai solusi layanan TI yang diinginkan. PT. NetSolution telah mengembangkan beberapa software untuk kepentingan khusus layanan operasional bisnis beberapa organisasi bisnis.

Layanan Konsultasi dan Perencanaan

PT. NetSolution sebagai system integrator memiliki layanan konsultasi, desain, dan perencanaan solusi teknologi informasi. Layanan ini menjadi sangat penting karena teknologi informasi memerlukan biaya investasi yang tidak sedikit. Oleh karenanya, investasi di bidang ini memerlukan perancanaan yang matang agar secara efisien dan efektif mendukung proses bisnis perusahaan. Apa saja area yang kami layani dalam jasa konsultasi dan perencanaan? Antara lain adalah sebagai berikut :

  • Konsultasi, desain, dan perencanaan data center.
  • Konsultasi, desain, dan perencanaan infrastruktur jaringan kabel data.
  • Konsultasi, desain, dan perencanaan jaringan komputer (LAN/WAN)
  • Konsultasi, desain, dan perencanaan infrastruktur jaringan wireless
  • Konsultasi, desain, dan perencanaan infrastruktur keamanan informasi
  • Konsultasi, desain, dan perencanaan sistem otomatis berbasis teknologi informasi

Layanan Implementasi

PT. NetSolution paling banyak mendapatkan kepercayaan untuk implementasi solusi teknologi informasi khususnya pada bidang infrastruktur teknologi informasi. Dengan dukungan tenaga ahli yang bersertifikasi (baik sertifikasi nasional maupun internasional) serta memiliki pengalaman dalam berbagai proyek implementasi teknologi informasi kami yakin dapat menginstalasi dan mengkonfigurasi semua perangkat teknologi informasi sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Apa saja ruang lingkup layanan implementasi kami? Berikut di bawah ini informasinya.

  • Instalasi jaringan kabel data (FO dan UTP/STP)
  • Instalasi perangkat jaringan untuk routing dan switching (LAN/WAN)
  • Instalasi perangkat keamanan jaringan (firewall, unified threat management, dsb)
  • Instalasi infrastruktur data center
  • Instalasi jaringan wireless

Layanan Manage IT Service dan Rental

Selain jasa konsultasi dan implementasi untuk System Integrasi. Kami juga memiliki layanan khusus Manage IT Service dan Rental Perangkat Jaringan. Manage IT Service adalah layanan dimana kami menyediakan jasa untuk mensupport dukungan infrastruktur teknologi informasi dengan sistem kontrak kerjasama dimana klien tak perlu repot-repot berinvestasi, membangun, dan mengelola infrastruktur teknologi informasinya, semuanya disediakan atau di support oleh kami. Selain itu kami juga menyediakan rental perangkat teknologi informasi khususnya jaringan komputer yang dapat disewa tanpa ikatan kontrak kerjasama, cukup dibayar sesuai dengan lama penggunaan.

Kontak Kami

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kami seperti : konsultasi, desain, perencanaan, implementasi, service & maintenance, serta training dan sertifikasi. Silahkan kontak kami :

  • PT. NetSolution. Alamat : Jl. Sawo No.19 Rawamangun, Jakarta Timur.
  • No. Telp. : 021-47884169
  • Email: sales@netsolution.co.id
  • WA : 08129632130

 ***