Jasa Audit IT

audit ti

Audit IT merupakan bentuk pengawasan dan pengendalian dari infrastruktur teknologi informasi secara menyeluruh. audit teknologi informasi ini dapat berjalan bersama-sama dengan audit finansial dan audit internal, atau dengan kegiatan pengawasan dan evaluasi lain yang sejenis. Pada mulanya istilah ini dikenal dengan audit pemrosesan data elektronik, dan sekarang audit teknologi informasi secara umum merupakan proses pengumpulan dan evaluasi dari semua kegiatan sistem informasi dalam perusahaan itu.

Dewasa ini, IT sudah menjadi infrastruktur penting yang menyatu di dalam banyak proses bisnis berbagai perusahaan. IT digunakan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kegiatan operasional dan administrasi bisnis perusahaan. Tata kelola dan pengendalian IT yang dilakukan secara benar (sesuai kebutuhan perusahaan, standar, praktik terbaik dan peraturan yang berlaku) akan meningkatkan “IT Value Delivery” dan “Corporate Competitive Advantage”. Tetapi di banyak perusahaan, IT masih belum dikelola dan dikendalikan dengan baik sehingga justru menimbulkan berbagai risiko dan permasalahan, seperti :

  • IT Tidak Sesuai dan Tidak Mendukung Bisnis IT yang tidak sesuai dan tidak mendukung bisnis mengakibatkan investasi IT menjadi tinggi tetapi value yang dihasilkan rendah. Hal ini dapat diketahui dari: banyaknya jenis /macam program aplikasi yang digunakan perusahaan, banyaknya pekerjaan IT yang tertunda, rumitnya infrastruktur IT, seringnya terjadi masalah IT yang berulang, kurangnya pengendalian atas penggunaan infrastruktur IT, dll.
  • Kesalahan Pemrosesan dan Pengendalian Data. Seiring perkembangan bisnis, proses bisnis yang diimplementasikan ke dalam program aplikasi senantiasa semakin kompleks dan rumit. Hal ini berisiko, semakin banyaknya kesalahan pemrosesan dan lemahnya pengendalian input data oleh program aplikasi, terlebih pada program aplikasi yang telah di-update berkali-kali untuk menyesuaikan dengan perubahan proses bisnis.
  • Kerusakan Data. Semua aktifitas IT perusahaan berpusat pada penyimpanan, pemrosesan, pengiriman dan pelaporan data perusahaan. Nilai data lebih besar daripada nilai infrastruktur IT. Perbaikan infrastruktur IT jauh lebih mudah daripada perbaikan data. Saat ini, ancaman yang dapat merusak data, seperti: hardware failure, sabotase, virus, worm, trojan, bencana, dll berkembang menjadi semakin banyak dan bervariasi.
  • Kebocoran Data. Selain kerusakan data, keamanan data juga menjadi hal yang menjadi masalah serius terlebih di era jaringan komunikasi seperti saat ini. Kebocoran data tidak saja dikarenakan pencurian secara fisik di lokasi dimana data disimpan tetapi lebih banyak karena peng-copy-an data secara remote melalui jaringan komputer lokal maupun internet yang disebabkan kurangnya pengendalian akses jaringan komunikasi.
  • Penyalahgunaan IT. IT yang diimplementasikan untuk meningkatkan produktifitas, tanpa pengendalian yang memadai, baik secara administratif maupun teknis, berisiko untuk secara diam-diam dipergunakan penggunanya sebagai media hiburan (mendengarkan lagu,melihat film, bermain game, browsing, chatting, dll) dan sebagai media untuk melakukan sabotase terhadap perusahaan melalui penyebaran virus, worm,trojan dan malware lainnya melalui jaringan komputer lokal (LAN).

PT. NetSolusion sebagai Konsultan Sistem Integrasi dan Jasa Audit IT berbekal pengalaman konsultasi, audit, dan implementasi teknologi informasi memberikan layanan audit IT sebagai berikut :

  1. Jasa IT Blueprint (Cetak Biru IT) untuk organisasi bisnis, pendidikan, maupun pemerintahan. Cetak biru TI sangat diperlukan bagi suatu organisasi agar pengembangan IT dapat sesuai dengan tujuan dan strategi organisasi, mendukung proses-proses bisnis organisasi sehingga menjadi efisien dan efektif, menekan biaya timbul, dan secara bersamaan teknologi IT yang digunakan tetap up to date dan dapat bersinergi dengan sistem dan platform teknologi yang ada saat ini maupun yang akan muncul di masa yang akan datang. Di dalam cetak biru ini dirancang arsitektur bisnis dan arsitektur teknologi yang secara sinergi mendukung pencapaian tujuan organisasi. Di susun peta jalan (roadmap) jangka pendek dan jangka panjang yang di breakdown dalam kerangka kerja yang mengacu pada konsep SMART (Specifik, Measurable, Attainable, Relevant, Timely).
  2. Jasa Audit Infrastruktur IT merupakan jasa audit dan review terhadap instalasi, pengaturan dan pemeliharaan infrastruktur IT (PC, Jaringan Komputer, Server, Router, Switch, UPS, dll) untuk memastikan bahwa infrastruktur IT telah di-implementasikan secara optimal.
  3. Disaster Recovery Plan Development merupakan layanan pembuatan preventive control, yaitu Disaster Recovery Plan yang merupakan skenario untuk meminimalkan dampak dari bencana/incident terhadap fungsi dan peran IT. Keberadaan Disaster Recovery Plan memungkinkan IT berfungsi dan berperan kembali dalam waktu singkat setelah terjadinya bencana/incident.
  4. Jasa Audit IT Governance atau Jasa Audit Tata Kelola IT adalah audit atau review terhadap tingkat kesesuaian dan dukungan IT dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses bisnis untuk memastikan bahwa semua investasi dan implementasi IT yang dilakukan sudah sesuai dan mendukung pencapaian tujuan bisnis perusahaan.
  5. Audit Aplikasi IT dan database merupakan audit atau review terhadap pengendalian input, proses dan output di dalam program aplikasi dan desain serta hak akses user di database untuk memastikan kebenaran, efektifitas dan efisiensi proses yang dilakukan program aplikasi dan integritas data yang tersimpan di database..
  6. Jasa Audit Network Security adalah audit atau review terhadap keamanan jaringan komputer. Audit ini menganalisis dua kategori informasi. Yang pertama adalah data statis, seperti definisi sistem, protokol yang digunakan, aturan sandi, definisi firewall dan sejenisnya, sedangkan kategori kedua jenis penawaran software keamanan data dengan kegiatan yang telah terjadi. Akses ke database, transfer file, dan kapan dan di mana pengguna log on hanya beberapa item lebih umum dilihat dalam audit keamanan jaringan.

Konsultasi lebih lanjut mengenai layanan audit teknologi informasi bisa dengan mengirimkan email kepada Abdulloh dengan alamat : abdulloh@netsolution.co.id atau telp. 021-47884168.