Unified Threat Management

Unified Threat Management (UTM) adalah solusi terpadu yang muncul baru-baru ini dalam industri keamanan jaringan (sejak tahun 2004). Saat ini telah memperoleh pengakuan luas sebagai solusi kemanan jaringan untuk organisasi. Pada dasarnya produk ini adalah evolusi perangkat firewall tradisional menjadi produk keamanan terpadu dengan kemampuan melakukan fungsi keamanan ganda dalam satu perangkat tunggal, seperti : n firewall, pencegahan intrusi jaringan, gateway antivirus (AV), gateway anti-spam, VPN, penyaringan konten, load balancing, pencegahan kebocoran data, dan perangkat pelaporan.

UTM adalah istilah yang awalnya diciptakan oleh IDC, sebuah perusahaan riset pasar terkemuka. Keuntungan dari keamanan terpadu ini terletak pada kenyataan bahwa daripada memberikan pengamanan pada beberapa sistem yang secara individual menangani fungsi keamanan seperti : anti virus, penyaringan konten, pencegahan intrusi dan fungsi penyaringan spam. Maka akan lebih mudah dan fleksibel bila menggunakan satu perangkat UTM yang mengambil alih semua fungsi mereka ke dalam satu box hardware yang kemudian diintegrasikan dalam jaringan komputer mereka.

Cara Kerja. Sebuah perangkat UTM menyederhanakan manajemen strategi keamanan perusahaan, hanya dengan satu perangkat saja kita bisa mengambil kontrol dari beberapa lapisan OSI Layer hardware dan juga fungsi software. Juga dari satu konsol terpusat, semua solusi keamanan dapat dipantau dan dikonfigurasi.

Dalam konteks ini, UTM mewakili semua fungsi keamanan dalam satu perangkat yang memiliki berbagai kemampuan keamanan termasuk di dalamnya firewall, VPN, gateway anti-virus, gateway anti-spam, pencegahan intrusi, penyaringan konten, manajemen bandwidth, pengendalian aplikasi dan pelaporan terpusat sebagai fitur dasar. UTM memiliki OS yang telah disesuaikan untuk penanganan semua fitur keamanan secara terpadu.

Beberapa keuntungan menerapkan sistem keamanan jaringan dengan menggunakan perangkat UTM :
Mengurangi kompleksitas: solusi keamanan tunggal. Cukup satu produk dari satu vendor.
Kesederhanaan: Menghindari instalasi beberapa perangkat lunak dan juga pemeliharaan
Manajemen Mudah: Plug & Play Arsitektur, berbasis Web GUI untuk manajemen yang mudah
Mengurangi pelatihan SDM, karena cukup satu produk untuk dipelajari.

Sebaliknya juga terdapat kekurangan antara lain :
Titik tunggal kegagalan untuk lalu lintas jaringan (Single point of failure).
Potensi dampak pada latency dan bandwidth ketika UTM tidak dapat menampung lalu lintas data pada jaringan yang semakin padat.

Untuk Produk UTM kami melayani penjualan serta jasa instalasi dan maintenance produk UTM dari vendor Fortinet dan Watchguard. Informasi lebih lanjut mengenai produk-produk UTM tersebut bisa kontak ke : Abdulloh (08129632130) atau email kami di alamat email : info@netsolution.co.id.