Pengertian Asesmen/Audit Maturitas TI
IT Maturity adalah level atau tingkat maturitas proses-proses Tata Kelola TI dalam suatu organisasi. Dengan melakukan asesmen atau audit IT maturity kita mengetahui sejauhmana proses-proses TI telah dikelola dengan baik berdasarkan standar/framework Tata Kelola TI seperti COBIT. IT Maturity hasilnya dinyatakan dalam bentuk skor dari 0 (nol) sampai dengan 5 (lima). Adapun skor-skor tersebut memiliki maksud sebagai berikut:
- Nilai 0 (nol) untuk menyatakan proses TI sama sekali belum dikelola atau belum dilaksanakan,
- nilai 1 (satu) telah dilaksanakan namun sifatnya masih impulsif belum terkelola,
- nilai 2 (dua) untuk menyatakan proses telah dilaksanakan secara managerial,
- nilai 3 (tiga) untuk menyatakan bahwa proses telah dilaksanakan dengan baik dan memiliki dokumen rujukan pelaksanaannya,
- nilai 4 (empat) untuk menyatakan bahwa proses telah dilaksanakan dengan baik dan terukur sesuai dengan indeks target yang ditetapkan.
- nilai 5 (lima) untuk menyatakan bahwa proses telah dilaksanakan dengan baik dan selalu ditingkatkan secara inovatif dan kreatif.
Manfaat Penerapan IT Maturity
- Mengetahui sampai sejauh mana proses-proses TI eksisting telah dikelola oleh organisasi.
- Sebagai dasar acuan untuk penetapan target IT Maturity di masa yang akan datang.
- Mengetahui proses-proses TI mana saja yang harus diperbaiki atau dikembangkan untuk mendapatkan level IT Maturity yang lebih tinggi lagi.
Output/Hasil Pekerjaan IT Maturity
- Laporan design factor untuk penentuan proses-proses atau objectives TI yang akan diukur sesuai karakteristik organisasi.
- Laporan IT Maturity berupa hasil skor masing-masing proses/objective TI sesuai dengan cakupan yang telah ditentukan oleh design factor sebelumnya.
- Rekomendasi perbaikan untuk peningkatan skor IT Maturity.
Kontak Kami
PT. NetSolution menyediakan layanan asesmen atau audit IT Maturity berbasiskan framework COBIT. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kontak kami di WA: 08129632130 atau telp. 021-47884169 atau isi form kontak kami untuk permintaan layanan.